TULISAN BERGERAK

TELKOMMIL D4 ANGKATAN KE-5

Rabu, 21 Oktober 2020

TUGAS 1 ALGORITMA
































Nama       : Wawan Kurniawan

Nosis        : 20200531-E

No. Absen : 11 (Sebelas)

 
                                                                           

 

Rancang Bangun Aplikasi Komunitas Maya Kewirausahaan Berbasis Web

,                                                                           ,

 
Ridwan Setiawan1 Asep Deddy Supriatna2 M Yogi Despriyandi3

 

Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia Email : jurnal@sttgarut.ac.id

 

1ridwan.setiawan@sttgarut.ac.id 2asepdeddy@sttgarut.ac.id 31506078@sttgarut.ac.id

 

Abstrak Informasi tentang kewirausahaan sangat penting bagi sebagian masyarakat, dimana dalam pencarian informasi kebanyakan dengan cara mencari dari artikel atau datang kepada komunitas kewirausaan Bandung untuk bertanya perihal cara mengembangkan usaha yang di lakukan oleh masyarakat. Dari kegiatan tersebut banyak permasalahan yang muncul dalam mencari informasi kepada komunitas seperti tidak tahu keberadaan komunitas kewirausahaan, lokasi sekertariat, alamat yang bisa dihubungi dan cara masuk menjadi anggota kewirausaan. Untuk mempermudah komunikasi dan berinteraksi antara masyarakat dengan komunitas maka dibuatlah penelitian tentang forum diskusi online tentang kewirausahaan dengan nama forum enterpeuneur, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi dari komunitas dan penelitian ini dapat menjadi jembatan antara masyarakat dengan komunitas kewirausaan. Metodologi yang digunakan yaitu metodologi Relational Unified Process (RUP) dengan tahapan – tahapan meliputi inception, elaboration dan construction. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi melalui fitur forum diskusi online, peta digital dan fitur tips & trik untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi lanjutan yang tersedia pada aplikasi.

 

Kata Kunci aplikasi, forum diskusi, informasi, komunitas.

 

 

I.  PENDAHULUAN

 

Perkembangan teknologi pada saat ini telah memberikan pengaruh yang besar dimana segala kegiatan mampu dilaksanakan dengan lebih cepat dengan menggunakan teknologi yang ada. Hal tersebut tak terkecuali dengan aktivitas dalam mengakses informasi. perkembangan teknologi tidak dapat dibendung dan diprediksi salah satunya adalah teknologi web [1]. Web adalah salah satu media yang berisikan banyak informasi yang dapat di akses dari semua platform dan banyak digunakan untuk mencari informasi [2]. Teknologi ini juga juga dimanfaatkan sebagai media informasi oleh komunitas wirausaha dalam memberikan informasi untuk mensosialisasikan program komunitas wirausaha dalam memberikan edukasi ilmu bisnis yang dapat meningkatkan daya saing tinggi terlebih pada sektor UKM [3]. Pada era globalisasi ini manusia cenderung menginginkan teknologi yang mudah dan cepat dalam mencari informasi, khususnya informasi tentang wirausaha. Oleh sebab ini maka dibuatlah forum enterpeuneur untuk memudahkan masyarakat, khususnya masyarakat  yang  bekerja  pada   sektor   UKM   agar   produk  yang dihasilkan   dapat memiliki  daya   saing yng tinggi.

 

Ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya di yaitu : Penelitan Pertama yang berjudul “Pengembangan Komunitas Maya Akademik Lingkup Profil Lembaga Pendidikan dan Media Komunikasi” membahas mengenai sebuah komunitas atau forum yang khusus membahas tentang akademik [4]. Kedua

 

 


 

“Perancangan Dan Pembuatan Forum Makanan Berbasis Web” [5]. Ketiga “Komunitas Maya: The Indonesian CyberLibrary Society (ICS)” [6]. Dari beberapa penelitian tersebut banyak kesamaan dengan penelitian yang akan dilakukan yang dimana sistem yang akan dibuat mengenai komunitas maya enterpeuneur , dengan berfokus pada pembinaan terhadap para pelaku usaha UMKM dengan cara online. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, maka penelitian ini diarahkan dengan judul ” Rancang Bangun Aplikasi Komunitas Maya Kewirausahaan Berbasis Web”.

 

 

II.  METODOLOGI PENELITIAN

 

Text Box: TahapanText Box: TujuanMetodologi yang digunakan yaitu RUP (Rational unified process) dengan tahapan tahapan meliputi Inception merupakan tahapan pertama yang dilakukan pada fase ini yaitu memahami proyek yang akan kita kerjakan dan mendapatkan informasi yang cukup untuk mengkonfirmasi apakah proyek harus dilanjutkan atau tidak. elaboration merupakan tahap kedua setelah tahap inception, pada fase elaboration kita mendefinisikan dan membuat baseline arsitektur sistem agar dapat memberikan  dasar  yang  stabil  untuk  sebagian  besar  desain dan implementasi pada tahap contruction dan construction merupakan tahap ketiga pada RUP dimana pada tahap ini seluruh baseline arsitektur sistem yang telah digambarkan pada tahap elaboration mulai di proses untuk diimplementasikan kepada bahasa pemrograman sehingga menghasilkan suatu perangkat lunak versi beta yang akan siap diuji sebelum diluncurkan.. Dengan pemodelan Unified Modelling Language, adapun diagram yang digunakan adalah use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Dan di dimplementasikan dengan WBS (Work breakdown structur) dalam menggambarkan tahapan- tahapan dalam membuat penelitian ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: AktivitasGambar 2.1 WBS (Work breakdown structur)


 

 

III.  PETUNJUK TAMBAHAN

 

1.       Inception

Inception merupakan tahapan yang berisikan rangkaian aktivitas pekerjaan yang berasal dari hasil wawancara dengan salah satu anggota dari Komunitas Wirausaha Bandung yang dilampirkan hasilnya pada Tabel 1, hasil dari wawancara tersebut diantaranya akan membuat identifikasi proses bisnis, menentukan spesifikasi sistem dan mengidentifikasi actor.

 

Tabel 1. Identifikasi Aktor

 

No

Aktor

Deskripsi

1.

Pengurus (Admin)

Orang yang memiliki hak akses penuh dan bertugas sebagai mengelola anggota, postingan, peta, tips & trik dan penggumuman

2.

Pelaku usaha (pengguna)

Pengguna adalah orang yang diperbolehkan membuat

postingan, melihat postingan, melihat pengumuman, melihat tips & trik dan melihat peta dengan batasan hak akses

 

2.       Elaboration

Tahapan elaboration yaitu melanjukan dari tahap sebelumnya, yang dimana bertujuan untuk mengembangkan dari analisis sebelumnya dan lanjutkan ke tahap analisis lanjutan dan desain arsitektur.

a.       Use Case Diagram

Use case diagram merupakan gambaran fungsional antara actor dan sistem yang terjadi pada panelitian ini.



 

Gambar 3.1 Use case Diagram

b.       Activity Diagram


Activity Diagram merupakan gambaran interaksi antara actor dan sistem yang terjadi pada panelitian ini.

Gambar 3.2 Activity Diagram Login

 

c.       Sequence Diagram


Sequence Diagram merupakan gambaran interaksi antara actor dan sistem yang terjadi pada panelitian ini.

Gambar 3.3 Sequence Diagram Login


 

 

d.       Class Diagram

Class Diagram merupakan gambaran struktur sistem yang terjadi pada panelitian ini.


Gambar 3.4 Class Diagram

 

e.       Struktur Menu

Struktur menu merupakan gambaran struktur menu sistem yang terjadi pada panelitian ini.


 

 

 

 


 

 

Gambar 3.5 Struktur Menu Admin


 

f.        Interface

Interface Struktur menu merupakan gambaran tampilan yang terjadi pada penelitian ini.


 

Gambar 3.6 Rancagan Interface Dashboard

 

 

3.       Construction

Pada tahapan ketiga ini, menghasilkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP berdasarkan desain yang dihasilkan pada tahap elaboration, kemudian dijalankan dengan menggunakan apache server.

a.       Pengkodean, menghasilkan kode dari aplikasi forum enterpeuneur berbasiszwebzyang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Berikut adalah hasil dari pengkoderan.


 

Gambar 3.7 Tampilan Utama Admin

 

b.       Pengujian sistem berdasarkan fitur-fitur pada aplikasi yang sudah dibangun dan diujikan, kesimpulan dari aktivitas ini adalah sistem berhasil melewati skenario uji 100% dengan cara black-box testing, dan fitur-fitur penting dalam kebutuhan aplikasi dapat berjalan dengan baik.


 

 

 

IV. KESIMPULAN

 

Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian yang sudah dilakukan maka didapat kesimpulan yakni Penelitian ini berhasil menjawab pertanyaan penelitian yaitu merancang aplikasi forum enterpeuneur yang dapat menghubungan antara anggota komunitas kewirausahaan dengan pengurus komunitas kewirausahaan. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metodologi RUP (Rational unified process) dengan platform web sehingga dapat di akses melalui apa saja.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

[1]

S. P. L. &. R. L. Sunny, "Impact of cultural values on technology acceptance and technology readiness,"

International Journal of Hospitality Management, 2019.

[2]

Yuhefizar, Mooduto and R. Hidayat, Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla Edisi Revisi, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

[3]

A. Rayadie, "Pikiran Rakyat," 8 8 2017. [Online]. Available: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa- barat/2017/08/08/pembinaan-minim-ukm-sukabumi-terancam-bangkrut-406964.

[4]

Indra and R. Cahyana, "Pengembangan Komunitas Maya Akademik Lingkup Profil Lembaga Pendidikan dan Media Komunikasi," Jurnal Algoritma, p. vol.14, 2017.

[5]

A. D. Indriyanti and R. Pratama, "PERANCANGAN DAN PEMBUATAN FORUM MAKANAN BERBASIS WEB," Jurnal Manajemen Informatika, pp. 76-81, 2015.

[6]

S. Liawatimena, "Komunitas Maya: The Indonesian CyberLibrary Society (ICS)," Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, pp. 44-48, 2015.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN 1 RADAR MILITER